oleh

Warga Sitapongan Banuaji Ikut Penyuluhan Lingkungan

Tapanuli Utara – Warga Dusun Sitapongan, Desa Banuaji IV Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut mengikuti penyuluhan lingkungan hidup yang digelar satgas TMMD 103 Kodim 0210/TU, Senin (5/11).

Acaranya di Gereja HKBP Dusun Sitapongan. Victor Siagian dari Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Utara menjadi narasumbernya.

Victor Siagian menjelaskan kebersihan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Sesuatu yang tidak bersih, maka tidak akan nyaman dipandang dan dapat menyebabkan dampak yang kurang baik.

“Ada suatu kalimat penuh makna dan sangat bagus, kebersihan merupakan sebagian dari iman,” ujarnya.

Menjaga kebersihan dapat dimulai dari hal paling kecil dari diri sendiri, semisal mencuci tangan sebelum makan. Selanjutnya menjaga kebersihan keluarga di rumah.

“Kebersihan sangat perlu diperhatikan dan dijaga agar keluarga kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit,” jelas Victor Siagian.

Dilanjut menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Alangkah nyaman dan indah bila lingkungan juga bersih, untuk menjaganya, jangan membuang sampah sembarangan.

Kapten Kav Suharsono menjelaskan banyak hal kreatif dapat dilakukan dengan sampah. Semisal sampah plastik bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku kerajinan tangan, seperti tas, hiasan dan lainnya.

“Banyak contoh orang kreatif yang memanfaatkan sampah menjadi komoditas bernilai ekonomi,” ungkap Suharsono. (penrem023)

Komentar