3 Babinsa Terima Penghargaan dari Pemkab Palas

  • Whatsapp
Foto: Tiga Babinsa Sertu Doni Dwiyanto, Serda Tsabit Aman Jaelani Siregar dan Kopda Allfullsow Sihite dari Pemkab Padang Lawas. (ist)

SmartNews, Palas – Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara (Sumut) di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Selasa (12/11/2019), tiga Babinsa menerima penghargaan atas dedikasi dalam mendukung program-program pemerintah di bidang kesehatan.

Ketiga Babinsa tersebut adalah, Babinsa Sertu Doni Dwiyanto, Serda Tsabit Aman Jaelani Siregar dan Kopda Allfullsow Sihite.

Bacaan Lainnya

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap, didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Palas, Leli Ramayulis.

Usai acara penerimaan penghargaan itu, Danramil 09/Sosa, Kapten Arh Saleh menjelaskan, piagam penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi personel disatuannya dalam mewujudkan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Menurutnya, selama beberapa hari terakhir, para Babinsa Koramil 09/Sosa yang bertugas di wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi, ketiga Babinsa tersebut aktif turun ke lapangan dalam mewujudkan Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Ketiga Babinsa Koramil 09/Sosa ini sudah banyak memberikan kontribusi dalam mewujudkan suksesnya program pemerintah di bidang kesehatan, salah satunya terkait sanitasi, di mana dari beberapa desa di bawah pengawasannya, diantaranya sudah bebas ODF (Open Defecation Free),” ungkap Danramil.

“ODF merupakan salah satu program Dinas Kesehatan Padang Lawas agar masyarakat tidak buang air besar sembarangan,” jelasnya.

Sambungnya lagi, sebelum adanya program jambanisasi di wilayah kecamatan Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Batang Lubu Sutam, ada sekitar lebih kurang 150 kepala keluarga yang belum mengakses jamban, karena tidak memiliki tempat penampungan. Yang terjadi, masyarakat masih membuang ke sungai langsung.

Sementara itu, salah satu Babinsa yang menerima piagam penghargaan itu, Sertu Doni Dwiyanto, mengungkapkan, bahwa apa yang ia terima itu merupakan menjadi kebanggaan tersendiri dan merasa lebih termotivasi lagi untuk selalu membantu masyarakat dan program pemerintah.

“Partisipasi kami untuk mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat, karena lingkungan yang sehat sangat penting. Dengan lingkungan yang sehat diharapkan jiwa yang sehat dan mental yang kuat akan dimiliki oleh masyarakat, sehingga akan dapat berpartisipasi membangun dan membela bangsa dan negaranya,” ungkapnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *