Apa Kabar Gedung Mewah di Pantai Ujung Sibolga?

  • Whatsapp
Objek Wisata Pantai Ujung Sibolga
Foto: Kawasan Pantai Ujung Sibolga. (Dok-snt)

SmartNews, Sibolga – Pemkot Sibolga telah memplot kawasan Pantai Ujung Sibolga sebagai salah satu lokasi wisata andalannya. Terbukti, sejak beberapa tahun silam, gelontoran anggaran untuk penataan lokasi wisata ini terbilang cukup besar.

Pada tahun anggaran 2016, Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Kota Sibolga mengalokasikan anggaran hingga mencapai Rp4.953.523.000, untuk membangun pusat jajanan modern di Pantai Ujung Sibolga (Pajus).

Bacaan Lainnya

Dilihat dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Sibolga, Kamis (9/1/2020), proyek berjudul peningkatan sarana dan prasarana jajanan modren di Kota Sibolga tersebut dilaksanakan PT Barokah Utama Karya, sebagai pemenang tender.

Setelah rampung dibangun, proyek ini pun diresmikan Gubsu, Tengku Ery Nuradi bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Sibolga, 3 April 2017 yang lalu.

Pasca diresmikan, bangunan mewah itu sempat digunakan sebagai tempat berjualan makanan. Pengunjungnya pun mulai ramai. Namun sayangnya, hal ini tidak berlangsung lama, karena pada tahun anggaran 2017, Pemkot Sibolga membongkar jalan masuk ke kawasan itu.

Pemkot Sibolga membangun Taman Aek Doras, Jalan Masuk Kawasan Wisata Pantai Ujung Sibolga. Anggarannya mencapai Rp762.108.000. Pelaksananya, CV Pandan Indah.

Bahkan Pemkot Sibolga kembali menganggarkan proyek lanjutan pembangunan Taman Aek Doras, Jalan Masuk Kawasan Wisata Pantai Ujung Sibolga tersebut pada 2018. Pelaksananya, CV Rezeki Ananda dengan nilai kontrak Rp692.435.000.

Pada tahun anggaran yang sama, Pemkot Sibolga juga membangun proyek Pemasangan Kanopi di Pusat Jajanan Modern Pantai Ujung Sibolga, dengan nilai kontrak Rp413.151.000 yang dimenangkan CV Bintang Lima.

Ada juga proyek Pembuatan Sarana Bermain Anak-anak di Kawasan Wisata Pantai Ujung Sibolga tersebut senilai Rp293.320.000, dimenangkan CV Raja Monang.

Sementara itu, pada tahun anggaran 2019, ada proyek bangunan pemecah ombak di kawasan Pantai Ujung Sibolga tersebut.

Saat ini, spot wisata Pantai Ujung Sibolga sudah terlihat bagus dan cantik. Tetapi dibalik kecantikannya ini, ternyata banyak fasilitas yang baru dibangun sudah rusak.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu, Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, sempat marah-marah melihat rusaknya sejumlah fasilitas di kawasan tersebut.

Sejak dibuka kembali pada November 2019 yang lalu, kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga terpantau mulai ramai dikunjungi warga. Sayangnya, gedung mewah yang sebelumnya diperuntukkan sebagai pusat jajanan modern di kawasan itu masih terlihat kosong dan kesannya terbengkalai.

Foto: Gedung di Pantai Ujung Sibolga.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota, Yahya Hutabarat ketika dikonfirmasi, mengungkapkan, pemanfaatan gedung di kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga tersebut telah diserahkan pengelolaannya kepada BUMD Kota Sibolga yakni, PD Sina.

Kabarnya, pihak PD Sina tengah melobi beberapa pengusaha kuliner untuk membuka usaha di kawasan wisata Pantai Ujung Sibolga.

“Kita juga berharap, gedung pusat jajanan modern di Pantai Ujung Sibolga itu segera dioperasikan,” ujar Yahya dikonfirmasi wartawan, Kamis (9/1/2020).

Terpisah, Direktur PD Sina, Azran Sinaga, membenarkan, bahwa operasional gedung pusat jajanan modern di Pantai Ujung Sibolga akan dilaunching pada Januari 2020. “Segera, Januari 2020 akan kita launching,” singkatnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *