Ini 4 Tips Menyembuhkan Batuk Secara Alami Tanpa Obat

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Batuk. (Foto: Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – Batuk merupakan sakit yang biasanya disebabkan oleh virus. Akan tetapi batuk juga merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.

Jika sesekali terjadi batuk, hal itu merupakan normal, namun jika terus menerus hingga mengeluarkan dahak, bisa menularkan penyakit kepada orang-orang di dekat Anda.

Bacaan Lainnya

Biasanya saat batuk disertai dengan beberapa gejala seperti demam, pilek, sesak napas dan tenggorokan nyeri.

Beberapa cara alami bisa membantu menyembuhkan gejala batuk, namun jika sedang batuk parah, bagusnya langsung konsultasi ke dokter.

Berikut ini ada tips untuk menyembuhkan batuk secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan, sebagaimana melansir Fimela.com, Senin (6/7/2020).

1.Konsumsi Air Putih

Anda bisa mengonsumsi air putih secara rutin, sebaba pada saat batuk, tentu tenggorokan akan terasa sangat kering dan dehidrasi, sehingga membutuhkan cairan untuk membantu menghidrasi tenggorokan.

Untuk diketahui bahwa air putih sangat baik dikonsumsi, sebab dapat membantu menjaga sel imun dalam tubuh. Jadi, konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari.

2.Jahe dan Madu

Cara alami lainnya adalah bisa mengonsumsi minuman jahe hangat, yang dicampur dengan 1 sendoh teh madu.

Jahe dan madu merupakan bahan dasar, yang biasanya dijadikan sebagai ramuan herbal, untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti batuk.

Jahe dan madu memiliki sifat antiseptik yang bisa membantu menyembuhkan peradangan. Kandungan madu juga bisa memberi lapisan pelindung pada selaput lendir, agar tidak terlalu kering atau dehidrasi karena batuk.

3.Teh Herbal

Konsumsilah teh herbal seperti teh hijau, atau teh chamomile dan berbagai teh herbal lainnya.

Teh herbal selalu dijadikan minuman untuk obat-obatan. Karena beberapa jenis teh herbal, memiliki sifat antipasmodik dan antibakteri.

Sifat yang terkandung di dalam teh herbal, bisa membantu menyerang bakteri dan virus penyebab batuk, dan membantu tidur menenangkan tenggorokan yang teriritasi.

4.Mengurangi Gorengan

Kurangilah makan gorengan. Karena biasanya makanan yang di goreng, menggunakan minyak yang terlalu banyak dan panas, sehingga bisa melukai tenggorokan yang sedang kering.

Nah, untuk itu hindari mengonsumsi gorengan pada saat batuk, konsumsilah makanan yang diolah dengan dikukus atau direbus, untuk membantu menenangkan tenggorokan yang sedang teriritasi karena batuk. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *