Cara Ini Diklaim Efektif Kurangi Penularan Virus Corona

  • Whatsapp
Cara Ini Diklaim Efektif Kurangi Penularan Virus Corona

SmartNews, Tapanuli – Satu cara untuk memperlambat penyebaran virus Corona adalah dengan melakukan isolasi mandiri hingga tes Covid-19. Hal ini disampiakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Dijelaskan CDC, cara ini bisa memperlambat dan mengurangi penularan hingga 86 persen. Selama waktu itu orang terinfeksi yang tidak menunjukkan gejala pun tidak mengisolasi dirinya, bisa saja menyebarkan virusnya ke orang lain.

Bacaan Lainnya

Salah satu pengawas pengujian tes Covid-19, Dr Brett Giroir, mengatakan, sebanyak 59 persen tes Covid-19 bisa diketahui hasilnya dalam waktu tiga hari.

Sedangkan 47 persen lainnya bisa sampai 16 hari. Sehingga selama itulah mereka yang sedang menjalani tes harus mengisolasi diri.

“Jika orang yang dicurigai atau bahkan belum pasti diketahui terinfeksi Covd-19 tidak mengisolasi dirinya, virus itu bisa menyebar tanpa henti,” kata Dr Pieter Cohen, dokter di Klinik Pernapasan Aliansi Kesehatan Cambridge, Boston, melansir laman health.detik, Selasa (4/8/2020).

Akan tetapi, Dr Christopher Ohl, profesor penyakit menular di Wake Forest Baptist Health, Winston-Salem, Carolina Utara, tidak terlalu yakin orang yang merasa dirinya sehat dan tidak menunjukkan gejala Covid-19 itu mau mengisolasi diri.

“Saya tidak yakin pasien tanpa gejala yang sedang menunggu hasil tes COVID-19 itu akan patuh untuk melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Bila orang-orang yang bergejala Covid-19 atau tidak diisolasi, penyebaran Covid-19 bisa berkurang hingga 86 persen.

Namun bila mereka melakukan isolasi setelah gejala-gejala Covid-19 itu muncul, penularan hanya akan berkurang sebesar 40 persen.

Dr Gary Little, selaku kepala petugas medis di Atrium Health, Charlotte, Carolina Utara, mengatakan, tindakan isolasi ini tidak hanya melindungi diri sendiri dari penularan, tetapi juga orang lain.

“Bahkan jika kamu dinyatakan negatif, kamu masih tetap rentan terinfeksi virus ini dari orang lain,” tegasnya.

“Tetap pakai masker, cuci tangan yang bersih, jaga jarak sosial, dan jauhi kerumunan orang. Itu adalah hal yang akan membantu kita mengurangi penyebaran penyakit,” pungkasnya. (red)

 

Editor: renmor@nk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *