Wali Kota Sibolga Resmikan ‘Kampung Paten Betlehem’ di Huta Tonga-tonga

  • Whatsapp
FOTO: Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Kapolres Sibolga AKBP Triyadi bersama Lurah Huta Tonga-tonga, Tigor Panuturi Tambunan dan Dandim 0211/TT serta Undangan Lainnya Foto Bersama. (Foto: Dok_Istimewa)

SmartNews, Sibolga – Kota Sibolga, Sumatra Utara kini memiliki Kampung Paten Betlehem, berlokasi di Jalan Sibual-buali, Kelurahan Huta Tonga-tonga, Kecamatan Sibolga Utara.

Kampung Paten Betlehem ini ditetapkan sebulan lalu, merupakan binaan Polres Sibolga.

Bacaan Lainnya

Pada momen Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin siang (17/8/2020), Kampung Paten Betlehem ini diresmikan oleh Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk bersama Kapolres AKBP Triyadi.

Turut hadir, Dandim 0211/Tapanuli Tengah Letkol Inf Dadang Alex, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, Camat Sibolga Utara, Maslan Ida Rumapea, Lurah Huta Tonga-tonga, Tigor Panuturi Tambunan, serta Bhabinkamtibmas Hutatonga-tonga, Aipda Hadi Sitanggang bersama Babinsa serta undangan lainnya.

Kenapa Disebut Kampung Paten Betlehem?

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi kepada SmartNews, Tapanuli, Senin malam, mengungkapkan, Kelurahan Huta Tonga-tonga ditetapkan sebagai Kampung Paten Betlehem salah satu tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Masyarakat di kelurahan tersebut wajib mematuhi protokol kesehatan, diawali pos check point. Di mana, masyarakat yang masuk maupun keluar akan dicek suhu tubuh dan wajib memakai masker,” jelas Triyadi.

Rupanya, selain itu, di Kampung Paten Betlehem ini juga ada terobosan lainnya yang sudah dilakukan masyarakat dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di masa pandemi Corona.

“Saat ini masyarakat sudah membuat kolam ikan, baik di dalam ember berisi ikan lele. Masyarakat juga sudah menanam bibit tanaman sayuran untuk kebutuhan pangan,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Kapolres, di Kampung Paten Betlehem ini juga terdapat tempat problem Solving yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah.

“Kita berharap dengan diresmikannya Kampung Paten Betlehem ini juga akan dapat mencegah penyakit masyarakat, seperti narkoba,” jelas Triyadi.

Terpisah, Lurah Huta Tonga-tonga, Tigor Panuturi Tambunan, mengungkapkan, filosofi Kampung Paten Betlehem awalnya adalah ide cerdas dari Polri, tujuannya agar rakyat kuat dan tangguh serta memiliki program ketahanan sebagai upaya membentengi diri dalam menghadapi ancaman pandemi Covid-19.

Hal ini didasari setelah pengamatan dari Polres Sibolga bahwa Kampung Paten Betlehem Kelurahan Huta Tonga-tonga memang dari awal pandemi Covid-19 telah memiliki kesadaran untuk membentengi kampungnya dari ancaman virus mematikan itu.

“Cara yang dilakukan selama ini adalah dengan mengaktifkan Posko Covid-19 oleh relawan dan warga, yang sekaligus berfungsi sebagai check point untuk memastikan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan dengan baik di kawasan Kampung Paten Betlehem, khususnya pendatang wajib memakai masker, cucì tangan, mengukur suhu tubuh serta jam berkunjung yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” papar Tigor Panuturi.

Diberi nama Kampung Paten Betlehem. Ya, ‘PATEN’ rupanya singkatan dari kata Peduli, Aman, Terpercaya, Empati dan Nyaman.

Dijelaskan, bahwa di kawasan ini telah memiliki kebiasaan baru untuk membentengi diri dari ancaman Covid-19, dengan cara membudayakan warganya mulai dari anak-anak hingga dewasa disiplin memakai masker, rutin melakukan jaga kampung mulai pagi hingga pagi.

“Kebiasaan baru lainnya bagi warga adalah dengan melakukan program ketahanan pangan dengan cara melakukan budidaya ikan dan menanam tanaman pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah warga,” jelasnya.

Lurah Huta Tonga-tonga Bangga dengan Kapolres Sibolga

Dengan kehadiran program Kampung Paten Betlehem di Kelurahan Huta Tonga-tonga yang diinisiasi bersama Polres Sibolga dan Kelurahan Hura Tonga-tonga, sejauh ini telah berdampak positif dalam membentuk karakter dan kebiasaan baru warga khususnya dalam menghadapi ancaman Covid-19.

“Salut dan bangga buat Pak Kapolres Sibolga yang membawa program cerdas ini ke Kelurahan Huta Tonga-Tonga, sehingga program ini sangat membantu Pemerintah Kelurahan dalam melakukan perannya melindungi, mengayomi, mengedukasi, mengadvokasi dan sekaligus memberikan solusi bagi warga dalam menghadapi Covid -19 ini,” tutur Tigor.

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya menyambut gembira dan menaruh apresiasi akan adanya Kampung Paten Betlehem binaan Polres Sibolga ini.

Syarfi Hutauruk berharap hal ini menjadi pilot project bagi kelurahan lainnya di Kota Sibolga. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *