Warga Temukan Mortir, Tim Jibom Polda Sumut Turun ke Siborongborong

  • Whatsapp
FOTO: Tim Jibom saat Olah TKP. (Foto: Dok_Istimewa)

SNT, Taput – Tim Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut turun ke Kabupaten Taput, Sumatra Utara terkait warga Kecamatan Siborongborong menemukan mortir atau bahan peledak, Selasa (3/11/2020).

Mortir tersebut ditemukan warga bernama Syamsir Hutasoit (33) di Dusun Lumban Pea, Kecamatan Siborongborong, Taput pada Minggu (1/11/2020).

Bacaan Lainnya

Penemuan mortir tersebut berawal ketika Syamsir Hutasoit memulai aktivitasnya di perladangan sawah miliknya.

Pada saat mencangkul, Syamsir Hutasoit dikagetkan dengan benda itu yang diduga bahan peledak peninggalan perang dunia ke-II.

“Saat itu kami sedang bekerja di sawah untuk persiapan musim tanam padi. Saat sedang bekerja tiba-tiba cangkul saya tersangkut besi panjang menyerupai ubi kayu,” kata Syamsir Hutasoit, kemarin.

Karena merasa aman, mortir tersebut kemudian dibawa pulang oleh Syamsiar dan meletakkannya di belakang rumah. Dia kemudian menghubungi pihak kepolisian terkait benda yang ia temukan itu.

Oleh kepolisian setempat kemudian berkoordinasi dengan Sat Brimob Polda Sumut untuk menurunkan Tim Jibom ke lokasi.

Tim Jibom yang dipimpin langsung oleh Kasubden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi langsung terjun ke lokasi guna melakukan sterilisasi dan pendisposalan.

“Benar ada warga Dusun Lumban Pea Kecamatan Siborongborong yang menemukan mortir dan tim kita sudah mengamankan lokasi serta lakukan disposal,” jelasnya.

“Disposal kita lakukan pada pukul 13:00 WIB, tidak jauh dari lokasi penemuan mortir oleh warga setempat,” pungkasnya.

Belum diperoleh informasi lebih lanjut, apakah mortir itu berstatus aktif. Polisi masih melakukan penyelidikan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *