Isu Pemkab dan DPRD Taput Tidak Harmonis, Sudah Damai?

  • Whatsapp
Suasana Rapat di Gedung DPRD Taput. (Foto: TS)

SNT, Taput – Sempat berhembus isu ketidakharmonisan antara Pemerintah Kabupaten dan DPRD Tapanuli Utara (Taput) yang memicu munculnya wacana penetapan Rancangan APBD Tahun 2021 melalui Peraturan Kepala Daerah, atau Perkada. Namun akhirnya batal.

Pemkab dan DPRD Taput telah menyepakati akan melakukan pembahasan RAPBD untuk disetujui, dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

Bacaan Lainnya

Hal ini terjawab pada rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD bersama Pemkab Tapanuli Utara yang digelar, Senin (18/1/2021) di ruang Aula Mini Gedung DPRD setempat.

Rapat dihadiri beberapa anggota Bamus, termasuk tiga pimpinan dewan yakni Poltak Pakpahan, Reguel Simanjuntak dan Fatimah Hutabarat. Mewakili Pemkab Taput diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Sahat Simaremare.

Ketua DPRD Poltak Pakpahan, usai rapat kepada awak media mengakui pada rapat Bamus jadwal pembahasan sudah ditetapkan.

“Kita sudah duduk bersama, besok (Selasa, 19/1) akan dimulai sidang paripurna pembahasan RAPBD,” ungkap dia singkat.

Data yang diperoleh, rapat sidang paripurna akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut mulai 19 hingga 21 Januari 2021.

Hari pertama, sesi awal yakni pagi dimulai dengan penyampaian nota pengantar Ranperda APBD oleh bupati kepada dewan.

Sesi selanjutnya siang hari, dilanjutkan dengan rapat pembahasan Ranperda oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Angaran Pemerintah Daerah (TPAD).

Baca Juga: Bupati Taput: Pejabat yang Tak Paham Tugasnya Akan Dinonaktifkan

Pada hari kedua, jadwal sidang beragendakan penyampaian pendapat Banggar dan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Taput, dilanjut dengan penyampaian nota jawaban bupati tentang rancangan Ranperda APBD 2021.

Kemudian pada hari ketiga, yakni Kamis rapat paripurna pendapat akhir fraksi dan pengambilan keputusan penandatangan nota kesepakatan penetapan RAPBD tahun 2021 oleh Bupati dan DPRD.

Terpisah, Bupati Taput, Nikson Nababan ketika dihubungi melalui pesan WhatsApp terkait menghadiri rapat paripurna penyampaian nota pengantar mengatakan, rapat akan dihadiri oleh Wakil Bupati, Sarlandy Hutabarat. (ts)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *