Puji Keuletan Satika Simamora, Istri Gubsu Yakin Tenun Ulos Taput Semakin Dikenal Dunia

WhatsApp Image 2021 02 15 at 19.56.15
Ketua Dekranasda Taput Satika Simamora bersama Ketua Dekranasda Sumut, Ny. Nawal Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua Dekranasda Sumut, Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah. (Foto: dok_istimewa)

SNT, Taput – Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora mengungkapkan akan semakin giat dalam memajukan tenun ulos. Selain itu, juga akan mempromosikan sekaligus melakukan pembinaan kepada petenun.

Demikian disampaikan Satika Simamora saat menghadiri pertemuan bersama Ketua Dekranasda Sumut, Ny. Nawal Edy Rahmayadi, dan Wakil Ketua Dekranasda Sumut, Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah terkait program kerja Dekranasda Sumut bertempat di The Kaldera Toba Nomadic Escape Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Senin (10/2/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Satika Simamora menjelaskan bagaimana tenun ulos agar memiliki kualitas terbaik, termasuk melakukan berbagai kreasi sehingga para petenun tetap semangat di tengah pandemi saat ini.

Baca Juga: PDAM Sibolga: Debit Air Menurun Distribusi ke Pelanggan Terganggu

“Kita perlu melakukan pembinaan (petenun) ulos, bagaimana corak tenun itu semakin diminati. Bagaimana bahan tenun itu semakin baik, sehingga nilai jualnya semakin tinggi termasuk pemakaian pewarna benang dari bahan alami,” terang Satika.

Istri Bupati Taput Nikson Nababan itu juga mengungkapkan, tidak akan bosan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM termasuk tenun ulos Taput dengan corak dan motif lokal.

“Semoga dengan berbagai upaya kita ini, para penenun ulos kita akan semakin mampu meningkatkan perekonomian keluarga terutama akibat pandemi covid saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Nikson Nababan: Membangun Taput Harus Kompak

Kegiatan yang diikuti beberapa Dekranasda Kabupaten se-kawasan Danau Toba itu, Dekranasda Taput menampilkan berbagai tenun ulos, seperti Harungguan, Bintang Maratur, Sibolang Rasta, Bintik dan juga Sadum serta berbagai kerajinan hasil kreasi dengan memadukan tenun ulos, yakni kreasi masker, sortali, tas tangan dan kipas.

Sebelumnya, istri Gubsu dan Wakil Gubsu meninjau produk Dekranasda Taput, dan mengagumi tenun ulos dengan motif Taput, dan juga berbagai produk kreasinya serta berharap produk Taput kembali meraih prestasi di tingkat nasional.

Baca Juga: Polisi Amankan Seorang Sopir di Loket Bus di Siborongborong

“Semoga Tenun Ulos Taput kembali meraih Juara I pada berbagai perlombaan tingkat nasional. Saya yakin ditangan ibu Satika Simamora, Dekranasda Taput akan mampu memperkenalkan tenun ulos semakin dikenal dunia luas. Saya melihat keseriusan dan keuletan Ketua Dekranasda Taput dalam membina para pengerajin,” jelas Nawal.

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Sumut tampil dengan mengenakan Outer berbahan kreasi tenun ulos motif Mangiring, dan Wakil Ketua mengenakan bermotif Jugiyah yang merupakan produk UKM Taput. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *