Pencuri Sarang Burung Walet di Sibolga Ditangkap

  • Whatsapp
Paparan Kedua Tersangka di Mapolres Sibolga. (dok/istitmewa)
Paparan Kedua Tersangka di Mapolres Sibolga. (dok/istitmewa)

SNT, Sibolga – Polres Sibolga mengamankan dua orang laki-laki setelah dilaporkan oleh Dedi Kurniawan Saputra (35) warga jalan Oppung Pandang Hutabarat, Kelurahan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) pada Minggu (18/7/2021) pukul 04.30 WIB.

Dalam laporannya, Dedi Kurniawan Saputra mengatakan gedung penangkaran sarang burung walet miliknya di jalan S Parman, Kelurahan Pasar Baru Sibolga dimasuki pencuri.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Insiden Terjadi Lagi di Proyek Pasar Sibolga Nauli, Anggota LSM dan Wartawan Masuk Rumah Sakit

Kejadian ini awalnya ia ketahui setelah dirinya ditelepon oleh warga sekitar pukul 03.30 WIB.

Setelah mendapat kabar itu, Dedi langsung menuju TKP dan melihat pintu gedung penangkaran sarang walet miliknya itu sudah rusak. Di dalam gedung itu Dedi bersama warga memergoki dua orang laki-laki.

Baca Juga: Heboh di Pantai Sibolga, Ada Suara Minta Tolong dari Arah Laut

Polisi yang mengetahui kejadian itu turun ke lokasi dan mengamankan kedua laki-laki tersebut berinisial JMZ (17) warga jalan GKPA Kelurahan Sarudik, Tapteng dan AFS (19) warga jalan S.Parman Gang Bagan, Kelurahan Pasar Belakang, Sibolga.

“Dalam kasus ini, korban merugi sekitar Rp 7 juta,” kata Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas, Iptu R Sormin dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

“Di dalam gedung itu kedua tersangka mencuri sebuah plastik berisi sarang burung walet seberat lebih kurang 100 kg,” jelas Sormin.

Baca Juga: Pencuri Sarang Walet di Tapian Nauli Terdeteksi Lewat Handphone dari CCTV, Pelapor Eric Parulian

Dijelaskan, kedua tersangka masuk ke dalam gedung itu dengan memanjat pagar sekolah. Kemudian masuk melalui celah kayu lapuk hingga sampai ke lantai II.

Dalam melancarkan aksinya, kedua tersangka menggunakan sekrap, satu buah senter kepala, satu buah topeng monyet dan dua buah papan kayu.

Baca Juga: “Sudahlah, Diamlah Mulutmu Itu”, Lalu Sangkur Ditusuk ke Dada dan Punggung

Dari hasil keterangan yang diperoleh Polisi, tersangka JMZ bersama AFS baru sekali melakukan aksi pencurian di gedung sarang penangkaran walet itu.

“Namun tersangka JMZ sudah beberapa kali melakukan pencurian sarang burung walet, di jalan S.Parman dan jalan Katamso bersama temannya yang identitasnya sudah kita kantongi,” ungkap Sormin.

Baca Juga: Mereka Panjat Gedung Untuk Mencuri Walet

Kedua tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

“Tersangka JMZ dan AFS diduga telah melanggar pasal 363 ayat (2) dari KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun,” pungkasnya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *