Kaki Bukit Runtuh ke Jalan Sibolga-Barus, Rumah-Mobil dan Motor Rusak

  • Whatsapp
Kaki Bukit Runtuh ke Jalan Sibolga-Barus, Rumah-Mobil dan Motor Rusak
Kaki Bukit Runtuh ke Jalan Sibolga-Barus, Rumah-Mobil dan Motor Rusak

SNT – Longsor yang menimbun badan jalan Sibolga-Barus di Pintu Angin, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatra Utara terjadi sekitar pukul 17.30 WIB, Jumat (29/10/2021) petang. Tiang listrik juga tumbang ke badan jalan di lokasi.

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas Iptu R Sormin mengatakan, longsor terjadi setelah Kota Sibolga diguyur hujan deras sejak pukul 15.30 WIB.

Bacaan Lainnya

“Sebelum kejadian longsor dan tiang listrik tumbang di lokasi, warga bernama Rajoki Purba bersama teman-temannya sedang berada di warung milik Hendra Simanjuntak. Saat itu hujan sangat deras, dan Rajoki kemudian melihat satu batang pohon besar tumbang ke badan jalan,” kata Sormin kepada wartawan, Jumat malam.

“Dan setelah itu disusul runtuhnya kaki bukit (tanah bergerak bercampur batu batuan besar) dengan kapasitas yang besar ke badan jalan lintas Sibolga-Barus,” jelasnya.

Akibat kejadian itu, longsor mengenai rumah milik marga Silaban pada bagian teras rumah, dan mengalami kerusakan. Kemudian dua unit sepeda motor yang sedang di parkir di teras rumah juga rusak.

Tak hanya itu, ada satu unit rumah lainnya milik Taruli Purba, dan satu unit sepeda motor yang juga mengalami kerusakan sedang akibat bencana alam tersebut.

“Kemudian satu unit mobil Toyota Kijang Kapsul warna biru milik Johan Sitinjak juga mengalami kerusakan akibat tertimpa tiang telepon pada bagian tengah sebelah kiri, dan menimpa satu unit sepeda motor merk Honda Beat milik Nikolson Sitorus yang sebelumnya di parkir di pinggir jalan,” terang Sormin.

Dijelaskan, hingga saat ini petugas BPBD dan Dinas PU dibantu masyarakat sekitar masih melakukan pembersihan material longsor dari badan jalan, serta batang batang pohon yang menghalangi jalan. “Sementara personel Polres Sibolga turun di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, hingga saat ini lokasi longsor belum bisa dilintasi. “Saat ini ada dua alat berat yang terus bekerja untuk membersihkan material longsor,” tambah Sormin.

Untuk itu lanjutnya, jika ada warga pengendara yang hendak menuju Kota Sibolga dari arah Barus, Tapteng, dianjurkan untuk melalui jalan Rampah-Poriaha dengan melintasi kawasan jalan lintas Sumatera Batu Lubang. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *