Pelajar SMK di Tapanuli Utara Ciptakan Hand Sanitizer dari Buah Nanas

  • Whatsapp

SNT, Taput – Pelajar SMK Negeri 1 Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, ciptakan hand sanitizer dari buah nanas.

Selama ini, SMK Negeri 1 Pangaribuan sudah memproduksi alkohol sebanyak 5 drum atau seribu liter dengan kadar alkohol dari 40 persen hingga 90 persen. Namun yang menjadi kendala saat ini adalah pemasaran, karena pihak sekolah belum mengantongi ijin produksi.

Bacaan Lainnya

Ide kreativitas pihak sekolah bersama pelajar di sekolah tersebut berawal dari munculnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia pada awal maret 2020. Saat itu beberapa alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan sempat hilang dari peredaran.

Selain harga mahal, barangnya juga langka. Karena itulah, Kepala Sekolah SMK Negeri I Pangaribuan, Oloan Silitonga termotivasi untuk membuat alkohol dari permentasi buah nanas. Apalagi buah nanas sangat banyak di Kecamatan Sipahutar dan Pangaribuan, Taput.

Alkohol nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk meracik hand sanitizer sebagai penangkal virus dan kuman.
Untuk diketahui, di SMK Negeri 1 Pangaribuan memiliki tiga jurusan yakni pertanian, peternakan dan otomotif tehnik kendaraan ringan.

Sementara itu, untuk hasil permentasi alkohol dari buah nanas, saat ini digunakan untuk sekolah dan siswa serta warga sekitar, untuk melindungi diri di tengah pandemi yang masih belum berakhir hingga sekarang.

Selain mampu memproduksi alkohol dengan kualitas melalui uji laboratorium, di sekolah ini juga memproduksi ayam potong dan hasil pertanian seperti cabe dan tomat, yang dijual siswa dan koperasi sekolah di pekan Pangaribuan pada hari Rabu setiap minggunya.

Kegiatan sekolah tersebut adalah merupakan implementasi dari program ‘merdeka belajar’. (gg)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari smartnewstapanuli.com. Caranya, follow Instagram, Twitter, dan instal aplikasi Smart News Tapanuli. Selain itu, kunjungi dan bergabunglah di Grup Facebook Smart News Tapanuli. Call liputan dan informasi peristiwa: 0813-7631-4887 (WhatsApp), dan email: smartnewstapanuli@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *