Kalapas Sibolga Kanwil Kemenkumham Sumut Sosialisasikan UU Nomor 22 Tahun 2022

  • Whatsapp

SNT, Sibolga – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga mengikuti sosialisasi pelaksanaan Pemenuhan Hak Bersyarat terhadap Narapidana sesuai Undang-Undang Nomor 22 tentang Pemasyarakatan, Sabtu (3/9/2022).

Sosialisasi disampaikan usai senam bersama di lapangan olahraga Lapas Sibolga, disampaikan oleh Kalapas, T. Antonio Barus.

Bacaan Lainnya

“Sosialisasi ini kita laksanakan sehubungan dengan telah berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan,” kata Antonio Barus.

Menurut Kalapas, sosialiasi UU No. 22 Tahun 2022 dapat digunakan Petugas Lapas Sibolga sebagai pedoman pada masa peralihan dalam pelaksanaan pemenuhan hak bersyarat bagi narapidana, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Untuk diketahui, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan mengamanatkan perbaikan secara mendasar dalam pelaksanaan fungsi Pemasyarakatan yang meliputi pelayanan, pembinaan, pembimbingan, kemasyarakatan, perawatan, pengamanan, dan pengamatan dengan menjunjung tinggi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia.

Dijelaskan, adapun pemenuhan hak bersyarat bagi narapidana yang dimaksud meliputi remisi, asimilasi, cuti mengunjungi atau dikunjungi keluarga, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, dan pembebasan bersyarat sesuai dengan Pasal 10 ayat (1) huruf a sampai dengan huruf f Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi informasi terbaru bagi WBP terhadap hak-hak bersyarat bagi Narapidana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan serta bagian dari upaya Lapas Sibolga melakukan peningkatan pelayanan bagi WBP dan masyarakat,” ungkap Kalapas. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *