Sibolga Studi Banding Pembinaan UMKM ke Sidoarjo

  • Whatsapp
Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk Bersama Bupati Sidoarjo Syaifullah Didampingi Ketua Dekranasda Sibolga Hj Delmeria Harun Sikumbang. (FOTO: Istimewa)

Sibolga – Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Ketua Dekranasda Sibolga Hj Delmeria Harun Sikumbang membawa sejumlah pimpinan SKPD-nya ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis 27 September 2018.

Kunjungan ini adalah studi banding untuk mempelajari kisah sukses pemerintah kabupaten Sidoarjo dalam pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui pemanfaatan dana bergulir.

Bacaan Lainnya

Diketahui, perekonomian masyarakat Sidoarjo mengalami kemajuan setelah mendapatkan perhatian dan pembinaan pemerintah daerah lewat program dana bergulir.

Tanggungjawab dan kesadaran masyarakat terhadap pengembalian dana bergulir tersebut juga sangat tinggi, sehingga program ini berhasil dengan sukses.

Bupati Sidoarjo Syaifullah mengungkapkan, industri kecil dan UMKM di Sidoarjo telah berkembang lebih dari 26.000 industri. Bahkan 3.000 hingga 6.000 sudah menjadi industri ekspor.

“Hal ini dilakukan melalui pembinaan dana bergulir, tingkat kemacetan pengembalian dana bergulir ini hanya berkisar antara 7%-10%,” ujar Syaifullah.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menjelaskan, pihaknya serius dan bertekad meningkatkan ekonomi masyarakat pelaku industri rumah tangga dan UMKM di Sibolga.

Pihaknya juga ingin mempermudah dan mempercepat sistem perizinan terpadu satu pintu, sehingga perlu belajar ke Pemkab Sidoarjo.

“Saat ini kondisi pertumbuhan industri rumah tanggga, UMKM dan tata kelola perizinan kabupaten Sidoarjo merupakan yang terbaik di Indonesia,” ujar Syarfi.

Maka, Pemko Sibolga serius untuk belajar dan mendapatkan ilmunya dari kabupaten Sidoarjo untuk diterapkan di kota Sibolga.

“Hal ini sesuai saran dan masukan yang disampaikan KPK-RI melalui pembinaan pengelolaan pemerintahan dan keuangan yang akuntabel dan transparan dengan e-planning, e-budgeting dan e-perizinan,” imbuh Syarfi.

Rombongan yang ikut bersama Walikota Sibolga, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perikanan Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Ketenagakerjaan, Kepala BPKAD, Asisten II Bidang Perekonomian dan TP PKK Kota Sibolga. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *