Penanganan Sanitasi di Kota Sibolga Terus Dilakukan

  • Whatsapp
Penanganan Sanitasi Terus Dilakukan
Foto: Ridwansyah Sihombing, Plt. Kabid SDA, PLP, dan AM Dinas PUPR Kota Sibolga.

SmartNews, Tapanuli – Dalam upaya penanganan sanitasi, Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas PUPR melakukan langkah-langkah dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara Komunal di sejumlah daerah.

Demikian disampaikan oleh Dinas PUPR Sibolga melalui Plt. Kabid SDA, PLP, dan AM, Ridwansyah Sihombing kepada SmartNews saat menjawab terkait persoalan sanitasi di kantornya di Jalan Brigjend Katamso, Rabu (18/3/2020).

Bacaan Lainnya

“Dalam kurun waktu 3 tahun (2017-2019) ini, kita telah membangun IPAL di sejumlah lokasi yakni Kelurahan Aek Parombunan dan Kelurahan Aek Manis,” katanya.

Meski belum merata, pembangunan IPAL Komunal ini ditujukan bagi masyarakat yang belum mempunyai septic tank. Dengan adanya pembangunan IPAL Komunal, saluran limbah rumah tangga dapat di salurkan ke tempat pembuangan sekaligus menghindari pencemaran lingkungan.

Ridwansyah juga mengatakan, pada tahun 2020 ini pihaknya akan membangun IPAL Komunal di dua lokasi berbeda.

“Pada tahun ini, kita akan kembali membangun IPAL Komunal di Kelurahan Pancuran Gerobak dan Kelurahan Pancuran Bambu,” sambungnya.

Sementara untuk mengakomodir kepentingan warga soal sanitasi, pihaknya telah membangun sejumlah fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) bagi warga yang belum menerima pembangunan IPAL Komunal.

“Kita juga telah membangun MCK bagi warga yang belum mendapatkan IPAL Komunal tersebut,” tambahnya.

Selanjutnya, warga dihimbau agar tidak membuang limbah rumah tangga sembarangan agar terhindar dari pencemaran lingkungan dan berbagai macam penyakit.

 

Laporan: Eric Davit Damanik

Editor: Arif Tri Pujasakti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *