Racikan Minuman Sehat Ini Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Whatsapp
FOTO: Ilustrasi Jus Jeruk.

SmartNews, Tapanuli – Untuk menambah daya tahan tubuh menjadi segar dan menyehatkan, daripada jus jeruk hanya diminum begitu saja, cobalah tambahkan 2 bahan lain yang kaya khasiat.

Jeruk dipercaya bisa memberi asupan vitamin C. Namun dengan kondisi seperti wabah virus corona dan cuaca hujan. Tak cukup hanya jus jeruk.

Bacaan Lainnya

Cobalah racik minuman jeruk segar ini dengan paduan lain. Bahan yang mudah didapat di dapur.

Jahe segar dan kunyit segar. Kedua empon-empon atau bumbu dapaur ini dikenal akan manfaatnya untuk mendorong daya tahan tubuh lebih kuat.

Sebagaimana melansir laman detikcom, Rabu (13/5/2020), inilah manfaat ketiga bahan minuman tersebut.

Buah berwarna oranye dengan aroma menyegarkan ini sejak dulu dikenal sebagai penjaga daya tahan tubuh. Ini karena jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang juga berkhasiat untuk kesehatan kulit dan membantu penurunan berat badan.

Vitamin C dan antioksidan merupakan kandungan jeruk yang diandalkan untuk daya tahan tubuh. Selain itu jeruk juga mengandung asam askorbat dan beta-karoten yang berperan penting dalam memerangi radikal bebes.

Radikal bebas bisa menggerogoti sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan memperbesar risiko penyakit kronis seperti kanker.

Rempah berwarna kuning ini jadi primadona sejak virus corona merebak. Kendati aromanya langu, rimpang ini sering dijadikan paduan racikan jamu dan minuman tradisional.

Kecuali bisa membuat masakan jadi lezat, antioksidan dalam kunyit bisa mengurangi stres oksidatif. Rempah ini juga dikenal sebagai anti peradangan, dan mengurangi rasa sakit karena infeksi. Sejak dulu kunyit ini dipercaya sebagai pereda rasa sakit alami tanpa efek samping.

Jahe juga menjadi campuran bumbu masak dan jamu serta minuman tradisional. Selain memberi rasa hangat atau pedas jahe juga bisa memperlancar pencernaan, anti peradangan. Juga menjadi obat tradisional untuk flu dan pilek yang juga menyehatkan jantung.

Menurut buku ‘Healing Food’, minyak jahe punya fungsi sebagai anti peradangan seperti halnya obat kimia.
Jahe menjadi obat terbaik untuk flu, sakit kepala dan kram karena menstruasi.

Untuk meracik minuman yang berfungsi untuk detoks sekaligus menambah kekebalan tubuh, diperlukan bahan:

250 ml jus jeruk segar. 1/2 sdm kunyit bubuk atau 2 cm kunyit segar. 1 cm jahe kupas, memarkan. 1/2 buah jeruk lemon

• Cara membuatnya, tuangkan jus jeruk, kunyit dan jahe dalam mangkuk blender. Proses hingga halus. • Saring ke dalam gelas, tambahkan air jeruk lemon. • Sajikan dan nikmati segera. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *