Sabungan Parapat Ungkap Peluang Besar Jika Untara Berdiri

  • Whatsapp
Ketua Yayasan Akper Taput Sabungan Parapat Memasang Cap kepada Mahasiswi.
Ketua Yayasan Akper Taput Sabungan Parapat Memasang Cap kepada Mahasiswi. (FOTO: Dok_Istimewa)

SNT, Taput – Ketua Yayasan Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput), Sabungan Parapat sangat setuju dengan keinginan dari Bupati Taput, Nikson Nababan berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara).

Hal itu disampaikan Sabungan Parapat mengutip sambutannya di acara Capping Day 73 Mahasiswa/I Angkatan XVIII.

Bacaan Lainnya

“Jika saja sudah berdiri Universitas Negeri Umum di Tapanuli Raya, pastinya Alumni Akper Taput akan bisa melanjut mengambil S1 bahkan S2,” ungkap Sabungan dihadapan segenap civitas akademika dan orang tua di Sopo Partukkoan Tarutung, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Untara Menuju Gerbang Masa Depan Tapanuli Raya

Sabungan yang telah berkecimpung di dunia pendidikan selama 9 tahun menyebut, sebagai bentuk dukungannya, dia telah melayangkan surat ke Presiden Joko Widodo agar usulan pendirian Untara segera direalisasikan.

“Surat saya murni, bukan karena dekat kepada Bupati atau ambil muka, tapi terlebih kerinduan agar kiranya sumber daya manusia itu ada di Tapanuli Raya bukan di luar Tapanuli Raya,” tegas Sabungan.

Baca Juga: Kabar Baik, Jokowi Beri Sinyal Dukung Pendirian Untara

Pria yang juga selaku Pembina SMK Yayasan St Nahanson Parapat menyampaikan bahwa alumni SLTA banyak yang ingin menimba ilmu ke jenjang lebih tinggi, namun karena faktor ekonomi niat itu urung.

“Kita tahu filosofi Batak Annakkon Hi Do Hamoraon Dia Au, tapi di satu sisi ketika dia pintar ingin melanjut namun butuh biaya hidup di luar kota cukup besar. Saya kira bukan orang tua saja tidak mau tapi jiwa si anak tidak tega membebani orang tuanya,” jelas Sabungan.

Baca Juga: Supervisi PKK di Sipahutar, Satika Simamora: Kita Harus Saling Mendukung

Menurutnya, jika Untara sudah berdiri lanjut pria yang juga berprofesi sebagai Advokat, ia memastikan si anak akan kuliah di Tapanuli Raya.

Baca Juga: Produk UMKM Taput Siap Dipasarkan di Mini Market Ternama di Indonesia

“Kenapa? ya karena bisa juga membantu orang tua si anak, baik di sawah ataupun usaha lainnya tanpa harus memikirkan biaya kos di luar,” bebernya.

“Itulah yang jadi dasar dukungan saya. Mari kita dukung upaya Pak Bupati untuk mendirikan Untara ada di sini, Tapanuli Raya akan maju,” jelas Sabungan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *