Ini Cara Mudah Lepaskan Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

  • Whatsapp
Ilustrasi makan ikan
Ilustrasi makan ikan. (Foto: Net)

SNT – Salah satu jenis makanan pokok yang mudah dijumpai di Indonesia adalah ikan. Baik ikan laut maupun ikan air tawar, semuanya dapat dijumpai di pasar.

Bagi para penggemar ikan goreng atau olahan ikan pastinya tak asing dengan masalah tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan.

Bacaan Lainnya

Memang sangat umum terjadi jika tulang ikan yang tertelan secara tak sengaja. Tulang ikan, terutama yang berukuran kecil dan mudah terlewat saat menyiapkan ikan atau saat mengunyah.

Baca Juga: Basarnas Nias Sampaikan Imbauan Penting Bagi Warga Sibolga Tapteng

Tulang-tulang ini memiliki tepi tajam dan mungkin lebih tipis yang akhirnya membuatnya lebih mungkin tersangkut di tenggorokan dibandingkan makanan lain.

Jika tulang ikan tersangkut di tenggorokan seseorang, itu bisa menyakitkan sekaligus menakutkan.

Untungnya, hal ini sangat umum sehingga ada tips dan trik yang aman untuk melepaskan tulang ikan.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Sulit Melupakan Cinta Pertamanya Walau Sudah Menikah

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan dilansir portaljember.

1. Batuk

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh pertama terhadap perubahan di tenggorokan dan saluran udara. Batuk dapat mendorong udara cukup keras untuk memindahkan benda asing seperti tulang ikan.

Jadi, pada saat ini penting untuk mengikuti naluri batuk, karena bisa membantu melepaskan tulang ikan dari tenggorokan dan menyebabkan rasa lega segera.

Baca Juga: Mobil Travel Asal Sibolga Kecelakaan di Jalan Tol, Sopirnya Dikabarkan Tewas

2. Minyak zaitun

Tidak seperti air, minyak zaitun tak mudah diserap sehingga membantu melembabkan dinding tenggorokan lebih lama, dan dapat menyebabkan pergerakan alami esofagus mendorong tulang ikan keluar.

Jadi, lebih baik minum sedikit minyak zaitun daripada air, karena lebih melumasi. Kalau tak bisa minum minyak zaitun murni, Anda harus minum campuran air dengan sedikit minyak zaitun, misalnya.

Baca Juga: Wali Kota Sibolga Kecewa Sejumlah Barang Hilang dari Rumah Dinasnya, Kok Bisa?

3. Pisang

Buah yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk membantu menelan pil pahit, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi tulang ikan yang menancap di tenggorokan.

Ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama satu menit. Ini akan memberinya kesempatan untuk menyerap air liur. Lalu telan dalam satu tegukan besar.

Baca Juga: Untara Menuju Gerbang Masa Depan Tapanuli Raya

4. Roti dan air

Roti yang dicelupkan ke dalam air adalah trik klasik untuk mengeluarkan makanan dari tenggorokan.

Rendam sepotong roti dalam air selama sekitar satu menit, lalu gigit besar dan telan utuh. Cara ini memberi beban pada tulang ikan dan mendorongnya ke bawah.

5. Soda

Selama bertahun-tahun, beberapa praktisi kesehatan telah menggunakan cola dan minuman berkarbonasi lainnya untuk mengobati mereka yang makanannya tersangkut di tenggorokan.

Baca Juga: Kisah Murid Naksir Guru Viral, Berjodoh Setelah Sang Guru Jadi Janda

Saat soda masuk ke perut, itu bakal melepaskan gas. Gas-gas ini membantu menghancurkan tulang dan membangun tekanan yang dapat melepaskannya.

6. Roti dan selai kacang

Roti yang dilapisi selai kacang berfungsi untuk mengambil tulang ikan dan mendorongnya ke dalam perut.

Baca Juga: Perampok Menyaru Tehnisi Jaringan, Pemilik Rumah Diborgol di Lemari

Ambil sepotong besar roti dan selai kacang dan biarkan ia mengumpulkan kelembapan di mulut sebelum menelannya dalam sekali teguk. Pastikan untuk minum banyak air juga agar tidak tersedak. (rank)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *